Beberapa Cara Membuat Pori-pori Wajah Terlihat Kecil

Pori-pori wajah yang membesar bisa di akibatkan beberapa hal, seperti kulit wajah yang cenderung berminyak dan pemakaian kosmetik yang salah.
Jika anda punya pori-pori wajah yang terlanjur terbuka memang susah untuk mengembalikan keadaan pori-pori kembali normal.
Tidak ada satu produk pun yang bisa membuat pori-pori wajah menutup kembali, yang ada produk-produk tersebut hanya mengurangi tampilan agar pori-pori yang membesar tadi tampak lebih kecil.

Berikut beberapa cara agar pori wajah yang terbuka bisa tampak mengecil.

1. Pakai foundation, pilih yang water base alias bebas minyak, foundation membantu menutup 'lubang' pada pori-pori, sehingga ketika mengaplikasikan bedak, bedak bisa menutup kulit lebih halus. Pilih foundation yang ringan sehingga kulit bisa tetap 'bernafas'.

2. Microdermabrasi. Hal ini di lakukan untuk mengikis lapisan kulit paling atas agar lebih halus. Sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan pakar kulit sebelum melakukan microdermabrasi.

3. Bila pori-pori wajah terlalu terbuka, sebaiknya lakukan perawatan dengan dokter kulit guna mencegah bertambah besarnya pori-pori.

4. Tomat segar bisa di gunakan untuk mengecilkan pori-pori sebelum pemakaian makeup. Karna dalam tomat mengandung acid yang bisa merapatkan pori-pori. Anda bisa memakai beberapa irisan tomat dingin di pagi hari, biarkan 10-15 menit, kemudian cuci wajah hingga bersih.

5. Resep rumahan bisa anda coba, campur putih telur segar dengan perasan jeruk lemon, oleskan di wajah, biarkan hingga kering lalu cuci muka dengan air dingin.

6. Pilih kosmetik dengan efek tanpa kilap atau matte.

7. Jangan memencet komedo yang ada pada hidung, hal ini akan membuat pori-pori terbuka, gunakan strip khusus untuk mengeluarkan komedo.

8. Gunakan masker wajah yang tepat, masker yang berbahan dasar 'clay' sangat baik untuk wajah dengan pori-pori besar, tapi cukup gunakan 1x seminggu.

9. Mengelupas kulit paling tidak 1 bulan sekali dengan cara yang tepat sangat bagus untuk mengecilkan pori-pori dan membuat kulit wajah lebih halus.  Konsultasikan pada ahli atau dokter bagaimana dan apa produk yang tepat bagi anda.

10. Jangan pernah pergi tidur dengan make up yang masih menempel, hal ini akan membuat kulit wajah tidak bisa 'memperbaharui' sel-selnya selama kita tidur.

11. Perbanyak minum air putih, kurangi makanan yang mengandung minyak dan kolesterol tinggi, dua hal ini adalah faktor terbesar yang membuat kulit wajah menjadi kusam dan berminyak, karna apapun yang kita makan akan terlihat hasilnya di kulit wajah kita. Juga hindari caffein dan alkohol.

12. Bersihkan dan cuci muka dengan air dingin setidaknya 2x sehari, di pagi hari dan sebelum tidur, ini akan membersihkan minyak dan debu yang menyumbat pori-pori sekaligus membersihkan bakteri dari kulit kita.

13. Intinya, kulit wajah yang bersih, dan makan makanan yang sehat akan membuat kulit wajah semakin cantik, bonusnya adalah pori-pori wajah yang lebih halus.

Selamat mencoba!!

No comments:

Post a Comment